Kamis, 28 September 2017

Pergaulan diri sendiri

Tentang pergaulan gw jaman sekarang itu makin banyak atau parah yang negatifnya, mungkin kah kalian adalah orang yang sering marah-marah atau yang termasuk bukan perokok diantara teman-teman yang perokok atau bukan pemabuk diantara teman-teman yang pemabuk atau hal negatif lainnya yang mungkin sering dilakukan oleh anak jaman sekarang?
Atau kalian adalah orang yang seperti teman-teman kalian yang melakukan hal seperti itu?
Beberapa hal yang gw alamin selama gw bergaul dari gw kecil sampe sekarang 

1.Temen suka marah-marah







Hal ini pasti sering terjadi dilingkungan kalian yang punya banyak temen, dan diantara temen kalian mungkin ada yang sering marah marah, atau kalian adalah salah satu orang yang sering marah-marah.. nah gw ada beberapa cara mengatasi temen lo yang sering marah
Pertama : Ohiya
kalo ada temen kalian yang lagi marah-marah gw saranin kalian cukup telen liur aja, terus bilang "ohiya" atau "oke" atau apa yang jelas kalian jangan bales dengan panjang lebar, karna nantinya dia bakal naik(darah)
Kedua : Kalian harus tetap tenang
Point ini hampir sama kayak yang pertama, kalian itu harus menghadapi temen kalian atau orang yang lagi marah, dengan tenang.. kalo kalian juga kebawa marah, urusan bakal panjang..
Ketiga : Jangan memotong pembicaraan
Kalian jangan pernah memotong kemarahan teman kalian apalagi menyela, karna marahnya itu bisa naik 2 kali lipat, dan membully lagi, bisa naik5 kali lipat.. jadi lebih baik kalian banyak mendengarkan daripada banyak bicara
Keempat : Kalo kalian lagi berantem atau ada masalah
Sama-sama menenagkan diri sementara waktu, paling nggak 2-3 hari, jadi kalo misalnya kalian lagi marah, lebih baik kalian menenangkan diri, dan kalian jadi bisa berfikir jernih juga, kalo nggak ya masalah malah semakin jadi, atau runyam, apalagi yang kalian hadapi adalah temen kalian yang pemarah dan kalian mengeluarkan bahasa-bahasa yang gak perlu kalian ucapkan dan akhirnya berakibat fatal, nanti ujung-ujungnya bertengkar dan masalah bertambah yang padahal masalah spele misalnya cuman plastik, plastik itu gak bisa ditutup atau cuman salah nyenggol, dan gara gara plastik ini atau salah nyenggol, disaat suasana lagi panas, masalah itu bakal merembet ke orang tua, mertua, saudara pun bisa, yang padahal mereka gak tau apa-apa dan setelah 6tahun berlalu kalian bertengkar, hal itu bisa aja diungkit..
Terakhir : Harus saling memaafkan
Setelah kalian saling marah-marah, kalian juga harus saling memaafkan untuk sesama manusia, apalagi kalo kalian udah bertemen lama
"Terus gimana kalo si pemarah gak mau memaafkan?" yaudah jangan diladenin
"Gimana kalo gak diladenin tapi setiap hari meledek?" yaudah gak usah dianggap
"kenapa gak usah di anggap?"
karna orang kayak gini kalo bertemu sama siapapun pasti dia akan melakukan hal yang sama

Nah kira-kira itu aja saran gw untuk kalian yang punya temen atau cara menghadapi temen pemarah atau manusia yang suka marah-marah

BACA JUGA TIPS SUKSES DI USIA MUDA SUCCESSTIPS

2. Perokok dan Narkoba




Dulu pas usia gw masih bener-bener di bawah umur gitu ya kira-kira kelas 3 atau kelas 4 SD dan gw ngerokok, disaat waktunya puasa ramadhan, dulu itu gw sering banget diajakin ngerokok sama temen baik gw (eh temen deket sih bukan temen baik), jadi pas gw balik sekolah gitu, lagi puasa, siang-siang ngerokok sama makan okky jelly drink, gk tau deh okky jelly drink dimakan atau diminum, yang jelas itu, singkat cerita, gw berhenti ngerokok dari SD kelas 6 sampe sekarang gw kelas 1SMA itu rokok buat gw udh gak baik, nahh, di kelas 1SMA gw sekarang ini, temen main gw itu perokok semua, gw sendiri yang pasif dari rokok(tapi mereka pasif dari k*ntut), dan ada diantara mereka yang bilang gini

"Langg, lo gak ngerokok? Gw ajarin deh sini" gw jawab gini "gw bisa ngerokok, tapi gw bukan perokok" dia bilang gitu karna dia gak tau, terus sok tau lagi, mikirnya gw gak bisa ngerokok.. nah buat kalian yang gak tau jangan pernah sok tau tentang orang lain, apalagi yang kalian sok tauin itu adalah temen kalian yang suka marah-marah..

Dan selain punya temen perokok, pasti diantara kalian juga punya temen yang pemakai narkoba atau pemabuk, beberapa hari yang lalu gw sempet kerumah om gw, dan dia nanya tentang pergaulan gw, terus dia tau gw pernah bergaul sama temen yang pemakai narkoba, terus dia bilang gini

"Temen lo pemakai narkoba? Gapapa, asal lo jangan ikut-ikutan, kalo disuruh jangan mau, kalo dipaksa tinggal aja, kalo dia gak mau nemenin lo lagi ya beruntunglah.. Karna kenapa? Dia mabok, pemakai narkoba, mau ganteng punya mobil juga bentar lagi mati, mau punya pacar cantik bentar lagi juga ditinggalin.. Jadi buat om, lo itu bisa bebas main atau bergaul dimanapun, asal tetep jadi diri lo sendiri, karna gak ada yang berhak ngatur-ngatur hidup lo apalagi sampe disuruh mabok gitu.."

Nahh buat kalian yang punya temen atau suka bergaul dimanapun, gw saranin buat jadi diri kita sendiri, jangan pernah mau ikutin omongan orang lain, karna disaat kalian diajak berbuat yang negatif atau berakibat fatal, yang nanggung itu diri kalian sendiri, bukan yang ngajak kalian, gak mungkin dong kalian diajakin temen kalian mabuk terus kalian mau, dan setelah itu OD(offerdosis) abis itu mati yang nanggung mereka.. Kira-kira mereka mau nanggung gak? jelas-jelas mereka pemakai, jadi mana kepikiran buat nanggung hal kayak gitu, kalaupun oranglain tau kalian meninggal atau OD karna mau disuruh mabuk ya kemungkinan besar orang lain mikir kalian itu

"Ah bego aja itu disuruh mabuk mau-mau'an"
"Kalo bego gak gitu-gitu amat kali"

Jadi pesan untuk kalian adalah, rebut harta temen kalian yang mabuk disaat mereka mabuk, karna mereka tidak sadar akan diri mereka, dengan itu kalian bisa kayaaaa karna harta mereka..
Gak lah, jangan kayak gitu, pesan untuk kalian..
boleh bergaul sama siapapun atau dimanapun itu gak jadi masalah, tapi ingat, tetap jadi diri sendiri ya..